Rabu, 08 Mei 2013

The Useful Dandelion

Hayy bloggy... lama tak bersuo ^ ^
Postingan saya kali ini tentang Bunga Dandelion. Pasti udah kenal donk yang mana itu...

Dandelion itu adalah sebuah bunga yang namanya berasal dari bahasa Perancis, "dent de lion" yang berarti gigi singa. Nama ini diberikan karena bentuk dari pinggiran daunnya persis seperti deretan gigi taring.

 Yang paling menarik adalah, tanaman ini banyak manfaatnya. Beberapa negara seperti Tiongkok,Korea, ataupun Yunani memanfaatkan daunnya sebagai pelengkap salad sebelumnya direbus terlebih dulu. Daun dandelion juga mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah khususnya vit A,C dan K.
   Dan juga , merupakan sumber kalsium,potasium dan zat besi. Bunganya yang berwarna cerah dapat digunakan membuat fruit wine, yang dicampur dengan jus lemon dan gula dengan kandungan alkohol standar.
 Kemudian, akar dandelion dapat dibakar dan dijadikan pengganti kopi yang bebas dari kafein, sedangkan akarnya yang sudah mengering bisa digunakan obat untuk mempelancar aliran kencing. Akarnya juga dapat berguna bagi tumbuhan lainnya. Akarnya dapat memberikan nutrisi berupa mineral dan nitrogen bagi tanaman lain. Sedangkan beberapa serangga, seperti kupu-kupu atau ngengat menjadi sumber makanan utama mereka.  karena menghasilkan banyak nektar, dandelion juga menjadi tanaman yang penting bagi lebah.




Mungkin kita terkagum ketika melihat banyak fungsi didalam satu tanaman seperti Dandelion.Semoga postingan saya ini menjadi bermanfaat ^ ^

Selamat Pagi Bloggy :D

0 komentar:

Posting Komentar