Rabu, 20 Maret 2013

Me and my friends ^ ^

Hay ..hay saya kembali lagi dan kali ini saya akaan menceritakan pengalaman saya yang berhubungan dengan mata kuliah kami yaitu “Pengantar Psikologi Umum” yang membahas tentang “Persepsi dan Sensasi”. Dan saya akan berbagi pengalaman saya dan teman-teman saya sebagai contoh topik tersebut

Sehari sebelum UAS tahun lalu selesai , kami (me, Karina,Vanesa, bg Rudi, dan bg Nando) punya rencana biar jalan-jalan / refresing gitu. Karna siap UAS itu gimana gitu rasanya. Lain lagi BigTask yang dikasih Dosen wahh itu amazing kali. So, kami berencana janjalan(bahasa gaul gitu ~) untuk hilangin rasa penat (katanya..). Ok kembali ke topik, yang ngasih plan kmana akan pergi itu bg Nando. Bg itu bilang kami pergi ke tempat yang belum pernah kami kunjungi (pastinya lah). Tempat itu salah satu Vihara terbesar ke 2 di Asia Tenggara  yaitu di Vihara Pagoda di Brastagi. Sumpah, aku baru kali itu dengarnya dan dari namanya juga udah keren.

Besoknya, kami udah janji kumpul di kampus dan makan siang kami di siapin sama emak kami vanesa J haha dia memang baik. Ok, kami berangkat pukul 9 lewat lah. Selama perjalanan kami hanya bercanda,dengarin musik dan kami gak lupa untuk singgah di salah satu supermarket. Kan boring sih selama 2 jam perjalanan hanya ngomong,bercanda.. mending beli jajan /snack biar gak terlalu boring gitu.

Gak terasa udah hampir sampai di Brastagi, karna sopir kami (bg rudi) ngebutt hahha.. (maaf bg J). Dan setelah nyampek di brastagi pada bingung jalannya yang mana karna ada 2 persimpangan jalan disitu. Bg nando aja yang tau tempatnya lupa jalannya yang mana, apalagi kami yah yang belum pernah -_- . Akhirnya kami pun memilih jalan sebelah kiri. Di sepanjang jalan kami melihat jalan yang menuju vihara tersebut karena vihara itu dari kejauhan udah nampak. Tapi kami udah menelusuri jalan tersebut dengan lambat tapi gak ada juga.Kami tersesat setelah jalan buntu kami temui disitu, well  jadi kami balik lagi karna jalannnya udah buntu.

Pepatah ini juga yang betul “ Malu bertanya jalan-jalan” hahha kami gak nanya warga disitu jadinya kami jalan-jalan sampai jalan buntu dehh. Akhirnya kami tahu jalan itu karna dikasih tahu warga disana, padahal jalan itu udah kami lewati lho.. kami pikir  jalan itu gak jalan menuju Vihara tersebut  karna jalan itu dikelilingi kebun.Wahh.. di sepanjang jalan menuju Vihara tersebut banyak kebun, misalnya stroberry,jeruk, sayur gitu teduh lagi tempatnya.

Beberapa menit kemudian kami sudah nyampek di Vihara tersebut. Wahh temple nya luar biasa, baru kali ini aku liat Vihara sebesar itu dan mewah gitu karna catnya berwarna emas, seakan-akan terbuat dari emas. Dan gak nyesal datang kesini walau jauh..
kami izin sama penjaganya biar kami masuk.Di dalam itu adem rasannya gak kayak di kampus mah panasnya luar biasa. Aku suka dekorasinya, kompleksnya dan katanya banyak wisatawan berkunjung kesitu.

Walau penjaga bilang gak bisa berfoto dalam ruangan, tapi kami tetap gak peduli dan gak mau pulang dari sana gak ada kenangan gitu. Silap sikit penjaganya jepret.. hahaha . Pokoknya keren deh kalau gak percaya datang aja ^ ^.

Gak cukup cuma liat dalamnya kami pun lihat sekelilingnya. Udah bagus di dalam lebih bagus lagi di luar, apalagi kalau kebawah, tempatnya bagus,sejuk, dan banyak taman-taman gitu. Tapi capek juga sih kalo naik tangga. Tangganya banyak jadi kami lambat-lambat jalannya

Udah sampai di atas tepatnya di sebrang temple, tamannya bagus, patung orang karo yang pakai pakaian adat pun ada.Capek rasanya jalan tapi gak sampai disitu. Kami mau balik lagi ke sebrang (ke temple) kami harus lewati jembatan gantung, bayangin nya aja udah takut. Jembatannya itu agak goyang gitu, dah jembatannya panjang kali dan kalau dilihat kebawah rasanya pening gitu karna agak jauh. Tapi dibawah bukan jurang lho..  tapi taman-taman, pondok-pondok,pokoknya baguslah.

Kenal Vanesa kan?? Dia paling lama jalan di jembatan itu, dia mahh penakut. Awalnya juga takut karna goyang tapi dia lambat kali jalannya. Kami udah sampai disebrang dia masih di jembatan sama bg rudi :). kami kembali jalan dan mau pulang gitu udah agak lama kami disana sebenarnya. Jadi sebelum pulang jepret-jepret dulu hahahha...
Kami pun berajak dari Vihara tersebut untuk cari tempat yang mau di kunjungi lagi. Kami melanjutkan perjalanan kami ke Pasar Brastagi yang gak jauh dari sana.Gak seperti yang kubayangkan tempatnya. Tempatnya unik gak kayak pajak biasa gitu. Disana ada sewa kuda gitu tapi maklum kami gak bawa persediaan uang yang banyak cukup-cukup saja. Jadi kami cuma liat doank apa yang ada di pasarnya. Walau pasarnya gak terlalu rame saat itu. Tapi ada kesamaannya juga dengan pasar lain kotor,banyak sampah dan kotoran kuda berserak dimana-mana. Bau.... hanya itu yang terucap dari mulut kami. Setelah bosan liat itu liat sana dan hari pun udah mulai sore.

Sebelum kami back ke Medan, disepanjang jalan kami lihat tempat-tempat yang unik yang bisa jadi lapak makan siang. Banyak tempat yang kami lewati tapi kami harus memilih tempat ini, karna pemandangannya bagus dan kebetulan saat itu hujan jadi berhenti dulu. Sambil menunggu hujan reda kami pesan minuman hangat dan kami mengeluarkan bekal makan siang kami. Walau udah agak sore an gitu makannya tapi gak mengurangi selera makan kami, ada 2 kemungkinan kami selera makan yang pertama udah lapar kali yang kedua suasana dan tempat, kata orang kalau di tempat dingin makannya jadi lahap gitu walau terkadang tergantung apa lauknya.

Lama hujannya reda agak boring juga sebenarnya, bg Nando keluarin kameranya dan mulai jepret-jepret lagi... hahaha (gila foto semua) J. Gak peduli banyak orang disana pokoknya eksis terus.. semacam tempat itu milik nenek moyang kami. (wahh bandel benar yah..).

Hujan sudah reda, tapi dinginnya gak hilang-hilang, tau lah arah brastagi itu tempatnya dingin. Kami pun melanjutkan perjalanan kami dan back ke Medan.sepanjang jalan aku melihat di pinggir jalan warga disitu ada yang jual pisang, pisang yang saya maksud gak seperti pisang biasa lho. Pisang itu panjang beda dengan yang biasa dan warga disitu juga jual semacam binatang kelelawar gitu , aneh yah. Sumpah baru kali ini aku lihat begitu.

Tak terasa rasa kantuk pun datang dan cuaca pun pas kali.Dingin. Aku tertidur pulas mungkin karna capek seharian jalan-jalan gitu. Walau capek tapi seru. Tiba-tiba aku merasa mobilnya berhenti dan ternyata kami sudah sampai di Medan. Weekend yang paling menyenangkan.. ^ ^

Wahh, capek juga ngetiknya yah... dan kembali ke kesimpulannya, tentang gimana persepsi dan sensasinya. Sebelumnya saya akan kasih tau apa itu defenisi keduakata tersebut walau di postingan sebelumnya sudah ada.Tapi gapapa deh J
Persepsi adalah kemampuan untuk membeda-bedakan,mengelompokkan memfokuskan dan selanjutnya diinterpretasi atau dengan kata lain proses diterimanya rangsangan maupun peristiwa sampai rangsangan itu diterima dan dimengerti.
Sedangkan sensasi adalah Proses penerimaan rangsangan melalui penginderaan. Penginderaan itu terdiri dari Pendengaran(Telinga),Penglihatan(Mata), Peraba(Kulit),Penciuman(Hidung) dan Pengecap(Lidah).
*  Pendengaran
            - Sensasi          : Bg nando ngasih pendapat biar ke Vihara Pagoda
            - Persepsi         : Pasti bg itu udah tau, tempatnya bagus dan gak akan nyesal.
*  Penglihatan
- Sensasi          : Tempatnya bagus, rindang banyak pohon
            - Persepsi         : Pasti udaranya sejuk, udara sejuk dan adem
*  Peraba
- Sensasi          : Bulu kuduk kami semua naik (merinding)
            - Persepsi         : Udara disana dingin ditambah lagi hujan, jadi makin dingin.
*  Penciuman
            - Sensasi          : Di pasar Brastagi sampah banyak sama kayak pajak lainnya
            - Persepsi         : Pasti baunya tidak enak gitu, baunya macem-macem
*  Perasa
            - Sensasi          : Bekal kami habis semua gak ada yang tersisa
            - Persepsi         : Pastinya bekal yang di buat emak kami enak

Nb: “Jalan-jalan itu gak usah terlalu banyak uang, cukup-cukup aja. Teman-teman aku pengen ke negara orang tapi aku pengen di Indonesia aja. Aku yakin indonesia lebih kaya dan indah dari pada negara orang”.