Minggu, 24 Februari 2013

Manfaat Garam yang mungkin belum Anda tahu.. ^ ^

     Apakah fungsi garam? Apakah sekedar menyedapkan rasa makan? Ternyata tidak hanya itu. Ada banyak lagi manfaat garam yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membunuh Bakteri 
      Ada yang menasihatkan, jika sakit gigi, berkumurlah dengan air garam agar kumannya mati. Ya, garam bersifat menyerap air dan 99% bakteri terdiri dari air itu. Itu sebabnya, garam dapat membunuh bakteri karena ia menyerap air yang diperlukan bakteri untuk hidup.

2. Menyegarkan Mulut
     Dengan berkumur memakai setengah gelas air yang dicampur setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh baking soda, kuman dan kotoran di dalam mulut akan hilang sehingga mulut dapat kembali segar.

3. Antiseptik
     Jika terkena sengatan lebah atau gigitan nyamuk atau kutu, campurkan garam ke dalam 1 cangkir air hangat, lalu tempel di bagian yang tersengat. Setelah sengatnya tercabut, diamkan sebentar lalu cuci dengan air hangat.

4. Pengawet
      Hal ini mungkin sudah banyak mengetahuinya.Ikan asin atau telur asin adalah contoh yang sering kita temui dalam kehidupan kita,garam digunakan untuk mengawetkan.

5. Kesegaran Wajah
      Ambil sejumput garam, campur dengan minyak zaitun (olive oil), aduk sampai rata, lalu tempel di wajah di leher, dan pijat pelan-pelan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama lima menit dan basuh dengan air dingin.

6. Untuk Membersihkan Perabotan Dapur
      Membersihkan perabotan dapur seperti panci atau wajan bisa lebih mudah dengan lebih dahulu menaburkan garam diatasnya (terutama dibagian kerak yang membandel) lalu gosok seperti menggosok biasa.

7. Menghilangkan Bau
      Anda habis memegang ikan atau bawang? Tangan anda jadi berbau amis atau susah hilang? Cuci saja dengan air garam.

8. Memadamkan Api
      Meskipun bukan sebagai pengganti alat pemadam kebakaran, tapi garam dapur juga bisa membantu memadamkan api (misalnya, saat kompor menyambar serbet) karena garam menyerap panas dan mengurangi oksigen yang dibutuhkan api.

0 komentar:

Posting Komentar